Rabu, 03 April 2019

DZAT - SIFAT - ASMA - AF'AL

Tidak ada komentar

“ Kuntu kanzan makhfiyyan, fa ahbabtu ’an uraf fa khalaqtu al-khalqa li-kay u’raf "

Aku pada mulanya adalah khazanah/rahasia yang tersembunyi, kemudian Aku ingin dikenal, maka Aku ciptakan makhluk, agar mereka mengenali-Ku



Dari Abu Abdirrahman, Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu’anhu, dia berkata: ”Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda kepada kami dan beliau adalah orang yang selalu benar dan dibenarkan: 
"Sesungguhnya setiap orang diantara kamu dikumpulkan kejadiannya di dalam rahim ibunya selama 40 hari dalam bentuk nuthfah [air mani], kemudian menjadi ‘alaqoh [segumpal darah] selama waktu itu juga [40 hari], kemudian menjadi mudhghoh [segumpal daging] selama waktu itu juga, lalu diutuslah seorang Malaikat kepadanya, lalu Malaikat itu meniupkan RUH padanya dan ia diperintahkan menulis empat kalimat: Menulis rizkinya, ajalnya, amalnya, dan nasib celakanya atau keberuntungannya. 



RODHITU BILLAHI ROBBA...
WA BIL ISLAMA DIINA...WA BIL MUHAMMADIN NABIYA WA RASULA...
WA BIL QURANI IMAMA...WA BIL KAABATI QIBLATA...



Maka demi Allah yang tiada tuhan selain-Nya, sesungguhnya ada diantara kamu,ada yang melakukan amalan penduduk Surga dan amalan itu mendekatkannya ke Surga sehingga jarak antara dia dan Surga kurang satu hasta, namun karena taqdir yang telah ditetapkan atas dirinya, lalu dia melakukan amalan penduduk Neraka sehingga dia masuk ke dalamnya. 



Dan sesungguhnya ada seseorang diantara kamu yang melakukan amalan penduduk Neraka dan amal itu mendekatkannya ke Neraka, sehingga jarak antara dia dan Neraka hanya kurang satu hasta, namun karena taqdir yang telah ditetapkan atas dirinya, lalu dia melakukan amalan penduduk Surga sehingga dia masuk ke dalamnya.” 
[HR. Bukhori dan Muslim]


SPERMA terdiri dari :

WADI asalnya dari API menjadi DAGING 
MADI asalnya dari ANGIN menjadi SUMSUM 
MANI asalnya dari AIR menjadi TULANG

MANIKEM asalnya dari BUMI menjadi KULIT
Dari asalnya sepi di kesunyian, di Alam sebelum ada, ketika sudah ada di Alam Dunia, mengapa terjadi keributan? 

Sepi di jaman... 



KUN DZAT = HIDUP 
KUN SIFAT = HATI   
KUN MUTLAK = KEHIDUPAN 
[Alam Rahim] 



 Sudah jelas wujud rupa, terjadi keributan di jaman...



KUN FAYAKUN
Salah jadi Shaleh
Hadas jadi Hadist
Kotor jadi Bersih
Najis jadi Suci 
[Alam Dunia]



Rupa tidak bisa diganti, itu tandanya Kun Mutlak 
DZAT YANG MAHA AGUNG



AKIL BALIGH - BERAKAL - MERDEKA 


Ketika bayi di Alam Rahim [di dalam air ketuban] belum ada nyawa, baru ada hidup yaitu adanya RUH, RASA pendengaran dan Nafsu Muthmainah, dari Alam Rahim bayi pindah ke Alam Dunia, dan SIFAT FITRAH RUH berubah sifat menjadi ROH, ketika kontak dengan Alam Dunia itulah adanya NYAWA, nyawa adalah DARAH ada di bawah kulit di atas permukaan daging, adanya NAFAS adalah adanya HIDUP, adanya HIDUP adalah karena adanya DZAT dan SIFAT. 



RUHUL QUDUS RASULULLAH SHALALLAHU 'ALAIHI WASSALAM




1. RUH SULTHONIYAH ( HAK ALLAH ) 

Tempatnya di hati, jika Ruh ini keluar dari jasad, manusia akan mengalami kematian [Nafas]


2. RUH RUHANIYAH ( HAK RASULULLAH )
Tempatnya di dada [Jantung] dan pada 360 sendi = 360 hari, badaniyah bukan raga, Satu badan satu atap [Menyeluruh] 



3. RUH MAKODIYAH 
Ruh ini yang suka meninggalkan jasad, termasuk mimpi, mimpi yang benar adalah kita bisa mengingatnya dan menceritakannya dengan jelas, walaupun kejadian mimpinya sudah lama.

4. RUH DINNIYAH / JASADIYAH

Berdirinya Islam, Fitrah diri/Fitrah Agama, Ruh Samawi

Ke empat Ruh inilah yang harus pulang kembali "di bawa" oleh RUHUL QUDUS RASULULLAH SHALALLAHU 'ALAIHI WASSALAM. Tugas Malaikat Maut hanya mencabut nyawa saja.

[Kematian yang sempurna, tidak meninggalkan ampas]



1. RUH SULTHONIYAH > INJIL > PENCIUMAN 
2. RUH MAKODIYAH > TAURAT > PENDENGARAN
3. RUH DINNIYAH > AL - QUR'AN > PENGLIHATAN

4. RUH RUHANIYAH > ZABUR > PERKATAAN
Hakikat NYAWA adalah RASA JASMANI, olahan dari 

API - ANGIN - AIR - BUMI pada waktu itu mata terbuka belum bisa melihat, telinga belum bisa mendengar, hidung belum bisa mencium, mulut belum bisa berkata, hanya ada suaranya saja, setelah diberi asi atau makanan apa saja yang berasal dari saripati Api, Angin, Air dan Bumi, maka dari saripati yang empat (SAEPI 4) ini, menjadi NUR DARAH yang empat macam :



- NUR DARAH MERAH dari Saripati API, adanya pada DAGING, membesarkan dagingnya bayi, hawanya keluar melalui TELINGA hingga bisa mendengar.

[RUHUS SAMMA' = RASA PENDENGARAN] 


- NUR DARAH KUNING dari Saripati ANGIN, adanya pada SUMSUM, membesarkan sumsum bayi, hawanya keluar melalui HIDUNG hingga bisa mencium dan merasa.

[RUHUN NAFASI = RASA PENCIUMAN] 


- NUR DARAH PUTIH dari Saripati AIR, adanya pada TULANG, membesarkan tulang bayi, hawanya keluar melalui MATA hingga bisa melihat.

[RUHUL BASHAR = RASA PENGLIHATAN] 


- NUR DARAH HITAM dari Saripati BUMI, adanya pada KULIT, membesarkan kulitnya bayi, hawanya keluar melalui LIDAH [Mulut] hingga bisa berbicara. 

[RUHUL KALAMI = RASA PERKATAAN] 



Setelah bayi membesar kulitnya, membesar dagingnya, membesar tulangnya, membesar [banyak] sumsumnya, maka keluarlah hawanya, yaitu nafsu yang empat yaitu: 



1. NAFSU AMARAH berdomisili pada TELINGA
2. NAFSU SUFIAH berdomisili pada MATA
3. NAFSU LAWAMMAH berdomisili pada LIDAH
4. NAFSU MUTHMAINAH berdomisili pada HATI


Datangnya nafsu yaitu keinginan pada waktu di beri ASI, rasa menjadi kontak dengan gulungan Api - Angin – Bumi – Air, sebab itulah adanya air susu asal dari yang empat, buktinya adalah makanan yang di makan oleh Ibu, sebab jika Ibunya tidak makan apa-apa, tidak akan ada air susu, ketika mulut bertemu dengan air susu, tentu ada rasa, rasa enak dan manis, terasa yang enak, sampai ingin lagi tidak mau telat, kalau telat suka ngambek dan menjerit, semua terjadi karena adanya pertemuan / kontak, bukti kontaknya Ibu dan Bapak keluarlah seorang bayi dari Alam Rahim dengan hidupnya, bertemulah hawa Baathin dan Dhohir, ketika kontak dengan Alam Dunia adanya nyawa. 


Sifat nyawa yaitu nafas, hakikatnya nyawa, rasa adalah buktinya, ketika rasa kontak dengan makanan maka akan menjadi nafsu dan banyak kemauan sudah pasti, dan bibit dari pada kemauan adalah karena tadi sudah merasakan air susu itu enak di rasakannya. 



Ada enak sudah pasti ada tidak enak. Murakabah enak dan tidak enak sudah tentu, kepada telinga, mata, kepada penciuman begitu juga, sudah pasti ada enak dan tidak enak, bukti di pendengaran juga begitu, ada yang enak di dengar, ada yang tidak enak di dengar sehingga menimbulkan amarah. 



Jika pendengaran kontak dengan suara yang jelek, kejadiannya menjadi rasa tidak enak, begitu juga jika kontak dengan suara yang baik akan menimbulkan enak, seterusnya begitu. Di mata pun bukti, ada enak di lihat dan tidak enak di lihat, malah ada penglihatan yang suka menimbulkan amarah. Matapun tergantung kontaknya dengan sifat, sifat yang baik dan yang buruk, jika baik maka akan menjadi enak, di penciuman pun begitu ada enak dan tidak enak, sama dengan pendengaran. Semuanya itu adalah bukti dari adanya segala KEINGINAN. SIFAT RASA BAIK dan SIFAT RASA BURUK.



" Tidak ada Tuhan selain Aku. Akulah hakikat DZAT yang Maha Suci, yang meliputi SIFAT-Ku, yang menyertai [ASMA] Nama-Ku, dan yang menandai [AF'AL] perbuatan-perbuatan-Ku ."


[DZAT ; dibaca DAT bukan Zat dan bukan Zat ciptaan-Nya]


“ Sesungguhnya AKU ini adalah ALLAH, TIDAK ADA TUHAN (yang hak) selain AKU, maka SEMBAHLAH AKU dan DIRIKANLAH SHALAT UNTUK MENGINGAT AKU ”  [At -Thaahaa : 14]



AKU = DZAT/Nurullah, SIFAT Laisa kamishlihi syaiun, Dzat yang tidak dapat diserupai oleh sesuatu apapun, tidak ada umpamanya. 


BILLA HAEFFIN, artinya tak berwarna dan tak berupa, tidak merah tidak hitam, tidak gelap tidak pula terang. 


BILLA MAKANIN, artinya tidak berarah tidak bertempat, tidak di barat tidak di timur, tidak di utara maupun di selatan, tidak di atas maupun di bawah. 



DZAT yang berdiri sendiri tanpa adanya ketergantungan kepada mahluk lain ciptaan-Nya, berbeda dengan manusia yang membutuhkan Allah, untuk bisa selamat di kehidupan Dunia dan Akhirat, adanya Alam semesta, Dunia, Arasy, Malaikat, Idajil/Azazil, Iblis, Setan, Jinn dan Manusia, dan semua ciptaan-Nya yang ada, adalah karena akibat dari adanya Dzat Yang Maha Suci.



1. ALAM AHADIYAT. Sebelum Allah Subhanahu Wa Ta’ala menciptakan Alam-alam, termasuk Alam Semesta, Arasy, Bumi dan Langit beserta isinya, yang ada hanyalah Dzat di Kesunyian Sejati Martabat Yang Maha Suci, Alam Tunggal Sejati, Ghaibul Ghaib. 



Ahadiyat tadi di 2. ALAM WAHDAT/Alam DZAT. 
SIFAT adalah Laisa kamishlihi syaiun, bukti adanya JAUHAR AWWAL RASULULLAH atau samudra hidup, pohon nyawa, wadah amal, kubur sejati, hidupnya segala rupa, seluruh isi tujuh lapis bumi dan tujuh lapis langit, asalnya yaitu dari cahaya yang satu, yaitu JAUHAR AWWAL RASULULLAH atau RUH ILMU RASULULLAH utusan Maha Agung. 



DZAT/NURULLAH yang menjadikan Alam Dunia dan isinya, TIDAK PISAH dan TIDAK JAUH, DZAT dan SIFAT. 
Sifat = Jauhar Awwal Rasulullah = Hakikat Muhammad [Ruh Ilmu Rasulullah] atau disebut SEJATINYA SYAHADAT, yaitu syahadatnya DZAT dan SIFAT, Ahadiat dan Wahdat, sudah tidak pisah, seperti gula dan manisnya.
Ibarat ; 



DZAT adalah MANIS, SIFAT adalah GULA
DZAT adalah WANGI, SIFAT adalah BUNGA 
DZAT dan SIFAT adalah PASTI. 
TIDAK AKAN ADA SIFAT, JIKA TIDAK ADA DZAT, 
begitupun sebaliknya.



JAUHAR AWWAL RASULULLAH yaitu cahayanya Allah. 
Keadaan di 3. ALAM WAHIDIYAT, yaitu Nur Ilmu Rasulullah sinarnya yang empat rupa dari Jauhar Awwal Rasulullah. Dzat Sifat-Nya Allah sifatnya sangat halus, mengeluarkan cahaya empat rupa ; 

MERAH, KUNING, PUTIH, HITAM disebut NUR ILMU RASULULLAH [Nur Muhammad] yaitu Hakikat Adam bibit untuk Alam Dhohir atau Asmanya Allah, 
yang empat menjadi lafadz ;
ALIF - LAM - LAM - HA, tadinya adalah Asma Allah.


Di alam ketiga yaitu Alam Wahidiyat, DZAT yang pertama disebut, dua SIFAT, barulah ASMA nomer tiga, kenyataannya sesudah adanya NUR ILMU RASULULLAH atau Hakikat Adam, yang tiga bergulung jadi satu ;

Allah - Muhammad - Adam =  “ Wa nahnu aqrobbu ilaihi min hablil wariid “ = Sifat -sifat diri


4. ALAM ARWAH di telusuri dari kenyataan DZAT, SIFAT, dan ASMA Allah, yang keempatnya AF’AL Maha Suci, yaitu Alam Arwah, API - ANGIN - AIR - BUMI disebut ARWAH yang menjadikan ROH dan DARAH, bibit Adam Manusia, jadi, Api, Angin, Air, Bumi adalah dari sinarnya Nur Ilmu Rasulullah, Af’alnya Allah Yang Maha Agung, buktinya kekuasaan Allah adalah adanya Alam Dunia dari Nur Ilmu Rasulullah cahaya yang empat.


Cahaya MERAH sinarnya menjadi API 

Cahaya KUNING sinarnya menjadi ANGIN
Cahaya PUTIH sinarnya menjadi AIR 
Cahaya HITAM sinarnya menjadi BUMI 



Dari cahaya empat rupa itu, dihidupkan oleh sinarnya Matahari, sifatnya yaitu terang, jika di dunia tidak ada terang, manusia dan tumbuhan akan mati, akan tetapi Matahari tadi tidak akan terang, jika tidak terkena sinar Dzat Sifat-Nya, tidak ada bedanya lahir dan baathin, di dhohirnya menjadi nyata, API, ANGIN, AIR, BUMI menjadi Asma Allah yaitu ALIF – LAM – LAM - HA. Matahari bisa terang, yaitu yang menjadi Tasjidnya, yang menghidupkan semua, di dunia juga pasti ada Asmanya Yang Maha Agung, satu cukup untuk semua, sifatnya meliputi. 



5. ALAM AJSAM, adalah nyatanya jasad manusia berasal dari bumi, air, api, angin, syariatnya terasa, semuanya dari proses nabati dan hewani, tanaman yang ditanam menjadi besar karena adanya unsur bumi, api, air, angin, tidak ada unsur yang kurang satupun. Kejadian di diri manusia, yaitu kulit, daging, tulang, sumsum menjadi nafsu empat rupa : 
1. Nafsu Amarah dari DAGING hawanya keluar melalui TELINGA 
2. Nafsu Lawammah dari SUMSUM hawanya keluar menuju MATA 
3. Nafsu Sufiah dari KULIT hawanya keluar menuju MULUT 
4. Nafsu Muthmainah dari TULANG hawanya keluar menuju HIDUNG.



6. ALAM MITSAL diwajibkan oleh Maha Suci, manusia harus ikhtiar, harus mencari ilmu, untuk mengetahui asal, asal jasad waktu di Qadim, yaitu yang empat tadi. Nur ilmu Rasulullah, MERAH, KUNING, PUTIH, HITAM, asalnya jasad manusia, jika manusia sudah kenal kepada empat perkara, dengan yakin dan di dasari ilmu yang haq, itulah alam Mitsal, yaitu ma’rifat kepada alam tadi. 



7. INSAN KAMIL adalah sudah ma’rifat kepada Dzat Sifat Yang Agung, yaitu Jauhar Awwal Rasulullah, sejatinya syahadat, sejatinya Iman, bibit nyawa semuanya. Insan Kamil artinya manusia sempurna [mukmin sejati] sudah sampai kepada asal, yaitu samudra hidup, kesempurnaan nyawa, pasti bisa pulang kepada asalnya yang dahulu, asal dari Allah kembali kepada Allah, Allah sudah janji, kepada siapapun manusia yang tahu, yang ma’rifat kepada Dzat Maha Suci, sewaktu di dunia, terus sampai ke Akhirat, tidak akan pisah dengan Dzat Yang Maha Agung, jika buta waktu di dunia, maka di Akhirat akan lebih buta lagi, tidak akan bertemu dengan terang, gelap sudah pasti karena tidak bisa melihat Dzat Yang Maha Agung, sewaktu gelap sudah pasti Neraka, karena di dunia tidak mencari ilmu dan ibadah, sibuk mengantar NAFSU DHOHIR. 



Ibarat ;
DZAT adalah WANGI, SIFAT adalah BUNGA
DZAT adalah MANIS, SIFAT adalah GULA
TIDAK PISAH dan TIDAK JAUH 
Syahadatnya Dzat dan Sifat, Ahadiyat dan Wahdat.


  
DI LUAR NAMA : 

DZATTULLAH yaitu disebut Alam, inilah yang memangku/menopang Alam Dunia



SIFATULLAH adalah Nur Ruh Ilmu Rasulullah seluas langit, tidak ada yang keluar dari DZAT SUCI, semuanya terliputi oleh satu cahaya.



ASMATULLAH adalah Api, Air, Angin, Bumi, Asma yang Agung. Satu, cukup untuk semua, Api, Air, Angin, Bumi menjadi huruf  ALIF - LAM - LAM - HA.


AF'ALULLAH yaitu hawa yang menghidupkan bumi dan isinya

DI DIRI MANUSIA :

DZATULLAH nyatanya di diri, buktinya adalah sekujur badan, yang memangku keadaan, segala hal yang menyangkut keadaan pada wujud  



SIFATULLAH nyatanya adalah rupa, rupa manusia tidak ada yang sama dengan manusia lainnya, hanya satu di alam dunia, tawilnya adalah ALLAH HANYA SATU.



ASMATULLAH yang bukti di badan adalah ; 
KULIT, DAGING, TULANG, SUMSUM, 
menjadi lafadz Asma Allah yaitu ; 
ALIF - LAM - LAM - HA.

AF'ALULLAH yaitu geraknya wujud, semuanya diringkas kepada yang empat rupa, nyatanya Dzatullahi, yaitu perkataan, sebab perkataanlah yang menjadikan semuanya, yaitu keramaian Alam dhohir, adanya kemauan manusia, sehingga menjadi bukti dengan adanya gedung, rumah, mobil dll karena adanya bibit dari Dzat.


Dari Ibn Abbas r.a., dari Nabi Shalallahu 'alaihi wassalam.

sabdanya :


"FIKIRKANLAH MENGENAI SEGALA APA YANG DI CIPTAKAN ALLAH, TETAPI JANGANLAH KAMU MEMIKIRKAN TENTANG DZAT ALLAH.." 
[HR Abu Syeikh] 



Abu Dzar r.a., dari Nabi Shalallahu 'alaihi wassalam. sabdanya :



"FIKIRKANLAH MENGENAI SEGALA MAKHLUK ALLAH, DAN JANGANLAH KAMU MEMIKIRKAN TENTANG DZAT ALLAH, KARENA YANG DEMIKIAN MENYEBABKAN KAMU BINASA [DALAM KESESATAN]" 

[HR Abu Syeikh] 


" FIKIRKANLAH OLEHMU SIFAT ALLAH DAN JANGAN KAMU MEMIKIRKAN AKAN DZAT-NYA. 
ALLAH MELIPUTI SEGALA SESUATU " 

[Al-Fushilat : 54]


”Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia [yang berhak disembah], yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu juga menyatakan yang demikian. Tak ada Tuhan melainkan Dia [yang berhak disembah] Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” [Ali-Imran:18]



"Wa kawa ‘Idul Imani, wajibul wajib" 

Semua umat Allah wajib marifat, harus tahu kepada iman sejati, iman yang satu yaitu kepada DZAT MAHA SUCI. 


SIFAT Laisa kamishlihi syaiun adalah JAUHAR AWWAL RASULULLAH, TANDA KENYATAAN ADANYA DZAT. 



JAUHAR AWWAL RASULULLAH isinya adalah RUH ILMU RASULULLAH, yang Awwal Akhir di ciptakan oleh Allah. 



Ainal yakin dengan Ilmu, supaya bisa pulang, pulang kembali kepada Dzat, hakikatnya manusia berasal dari Dzat, akan tetapi manusia tidak perlu tahu kepada Dzat, tetapi carilah utusan Dzat, yang disebut Jauhar Awwal Rasulullah, inilah jalan pulang yang sempurna. 



“Illa anna awalla’nafsah fardhu ‘ain” 



Pertama hal ibadah adalah tahu kepada sejatinya hidup, sifat hidup harus di dapat, diri yang mana yang harus di cari? Apakah jasmani yang terlihat? Yang harus dicari adalah badan Ruhani atau Jiwa. 
Sejatinya syahadat adalah bibit segala rupa yaitu Jauhar Awwal [Ruh Ilmu Rasulullah] Samudra Ilmu dan Kehidupan. 
“Ru’yatullahi Ta’ala fi dunya bi’ainil qolbi” 

Melihat Hakikat Allah Ta’ala di Dunia oleh mata Baathin. Bila Qolbu manusia sudah dianugrahi Sifat Nur Ilmu Rasulullah, Qolbunya bisa dipakai untuk tempat melihat kepada Allah Ta’ala melalui mata Baathin karena sudah diberitahu oleh Sifat Nur Ilmu Rasulullah, sehingga bisa merasakan ni’mat dari Dunia sampai di Akhirat, sudah tidak merasakan berpisah dengan Sifat Nur Ilmu Rasulullah, lantaran wujud itu. Siang dan malam Qolbu ditempati oleh Sifat Nur Ilmu Rasulullah untuk melihat Allah Ta’ala, melalui jalan Syariat, Tharekat, Hakikat dan Ma’rifat, Ilmu Tauhid, Ilmu Fiqih, Ushul Fiqih dan Ilmu Tasawuf.


“Ru’yatullohi Ta’ala bil akhiroti bi'ainil arsi”



Melihat Allah di Akhirat, tentu sama mata, tidak salah lagi, sebab sudah bersatu seperti gula dan manisnya. 
Wajib hukumnya mencari tahu diri, diri yang sejati, diri manusia, sebenar-benarnya diri. 
Cahaya empat rupa adalah ; 

NARUN [Merah]

HAWAUN [Kuning] 
MA'UN [Putih] 
TUROBUN [Hitam]
yaitu badan ruhani [jiwa], inilah yang harus ketemu, jasmani harus hilang, tapi jangan hilang tanpa sebab, hilangnya harus terganti oleh cahaya empat rupa [Sifat Nur Ilmu Rasulullah] hilangnya badan jasmani, harus terganti oleh badan ruhani. 



Jas artinya adalah baju, mani adalah badan ruhani, baju adalah bungkus, bungkusnya ruhani, manusia tidak akan mendapatkan hasil, jika hanya mengetahui badan nyata saja, harus di buka dulu bajunya, supaya bisa ketemu dengan isinya, badan jasmani adalah hijabnya kepada Yang Maha Suci, jika tidak hilang wujudnya dulu, maka isinya tidak akan ketemu, diibaratkan kucing, maksud kucing hendak ngintip tikus keluar dari liangnya, tapi kucingnya diam di depan liang tikus, akhirnya tikus malah mati karena tidak bisa keluar, tentu saja tidak akan hasil, kucing diibaratkan jasad, tikus ibarat yang Latif, tidak akan ketemu jika rasa jasad tidak hilang. 



Jika kucing menginginkan agar tikusnya keluar dari liang, tentu saja kucing harus pergi menjauhi liang tikus, barulah tikusnya keluar, sama seperti di diri manusia, jika ingin ma’rifat kepada Dzat Allah Ta’ala, harus merasa pasti, merasakan bahwa manusia tidak memiliki jasad. Rasa jasmani harus hilang, terganti oleh Rasa Rasulullah [SIFAT NUR ILMU]  > Ladun Qolbin Salim > Ladunni > Hati yang selamat. Rasa ni’mat yang sejati [Ni'mat Islam, Ni'mat Iman] karena saking ni’matnya melihat kepada Dzat Maha Agung, tentu merasa hilang dunia dan jasmani [Iman Akhirat, Rasa Akhirat]



“Waman aroffa nafsahu, faqod aroffa robbahu...man aroffa robbaha, faqod jahilan nafsah” 
“Lahaula wala quwata, illa billahil aliyil ‘adim”…
Barang siapa mengenal dirinya, maka ia mengenal Tuhannya, barang siapa mengenal Tuhannya pastilah bodoh dirinya …



Shalat sejatinya adalah ketika waktu Nafi Isbat bergulung, menerapkan Muhammad af’al. Ta’udz dan Bismillah untuk berlindung kepada Yang Maha Agung, disinilah adanya kebersamaan, yang empat bersatu, hilangnya dunia dan wujud, bertemu dengan wujud Agama, barulah dikatakan Islam jika sudah ketemu kepada sejatinya Agama/Ruh Samawi [Fitrah Agama] yaitu hidup manusia, tentu wajib hukumnya, untuk tahu kepada sejatinya Agama, agar ibadah menjadi sah, tahu bibit rukun Islam, rukunnya yang empat di badan:
1. Penglihatan 
2. Pendengaran 
3. Penciuman 
4. Perkataan. 
yang ke lima adalah Rasa Rasulullah [penguasa RASA]
jadi hakikatnya shalat adalah wujud rupa diri. 



“Ash-shalatul Mi’rajul Mu’minin“, 
“Shalat itu adalah mi’rajnya orang-orang mukmin“.



IHKROM - MI'RAJ - MUNAJAT - TUBADIL 
Artinya adalah shalat sejati, syariatnya ada di Mekkah, ketika orang pergi Haji, hakikatnya ada di pulau Jawa. 
IHKROM
Bersiap-siap, menyiapkan tekad sebelum pergi, ibarat burung niat ingin terbang, sayapnya sudah dibentangkan tapi tidak dikepakkan. 
MI'RAJ  
Jika sudah dengan terbang dan melayang, sudah meninggalkan Alam Dunia, lupa kepada Alam Dhohir. 
MUNAJAT  
Sudah mau sampai ke Alam Baathin. 
TUBADIL  
Sudah sampai kepada yang yang dituju, yaitu Baitullah suci, Baitullah sejati, bukan di Utara, bukan di Selatan, tidak di Timur dan di Barat [Billa haefin, Billa makanin] inilah yang di maksud hakikat Ka’bah atau Kubah [rongga dada manusia] Itiqod [tidak terkena rusak] kiblat nyawa yang sempurna yaitu Dzat Yang Maha Agung, sifatnya cahaya padang halus, terang benderang atau Jauhar Awwal Rasulullah, samudra ilmu dan hidup, kiblat waktu wafat. Bertemunya ASHHADU = Allah dan WA ASHHADU = Diri Manusia [Ghoib] 



Sebab itu kiblat wafat wajib harus di ketemukan, jika tidak ketemu dikhawatirkan jadi gentayangan, nyawa tidak sampai kepada asalnya dahulu, pantas adanya Neraka yaitu siksaan diri, sebab tidak menemukan jalan pulang yang sempurna, mumpung di dunia harus bersungguh-sungguh mencari jalannya wafat, agar nyawa bisa pulang, BAB IBADAH sudah ada patokan yaitu Al-Qur’an dan Hadist, sudah mencukupi, tinggal bersungguh-sungguh menghafal dan prakteknya, kalau jalan mati, itu lain aturan, itu adalah penghujung, ujungnya harus wafat, yang ibadah dan yang tidak, semua manusia akan mengalami kematian, syariatnya sama, ada sekaratnya… 



Sayyidina Ali r.a. pernah ditanya oleh seorang sahabatnya bernama Zi’lib Al-Yamani, “Apakah Anda pernah melihat Tuhan?” 
Beliau menjawab, “Bagaimana saya menyembah yang tidak pernah saya lihat?” 
“Bagaimana Anda melihat-Nya?” tanyanya kembali. 
Sayyidina Ali r.a. menjawab, “Dia tak bisa dilihat oleh mata dengan pandangan manusia yang kasat, tetapi bisa dilihat oleh hati dengan HAKIKAT KEIMANAN ". 



Jika manusia yang ma’rifat, mutajilah sudah pasti, sebab menjirimkan Allah terlihat oleh mata kepala, yang berarti ada dua diri, Allah adalah NAFI ISBAT, ada Isbat hilang Nafi, ada Nafi hilang Isbat, Isbat adanya pasti, wujud jasmani, Nafi adanya Jiwa, untuk Nafi Isbat-nya harus tidak ada.


SIFAT NUR ILMU RASULULLAH adalah JAUHAR LATIF. Cahaya halus yang menghidupkan wujud manusia, matahari dalam wujud jagad shagir, yang tidak terlihat oleh mata kepala, dan hanya bisa di lihat dengan MATA BAATHIN. 

AL - ILMU NURULLAH > Ilmu Sifat untuk mengabdikan diri kepada Allah dan Rasulullah, Ilmu Sifat tidak akan samar, wangi bunga rose tidak akan tertukar dengan wangi bunga melati. 'Ain > Iliyin tempat tertinggi yang bisa di capai oleh orang berilmu. Ilmu Ladunni/Ilmu Sifat, yaitu pengetahuan yang diperoleh melalui proses kegiatan pengamalan, mulai dari mandi, shalat, wirid, baca Qur’an dll. Melalui jalan Syariat, Tharekat, Hakikat dan Mari’fat. Tuhan hanya bisa dikenal jika Dia sendiri berkehendak untuk dikenali. Sifat Nur Ilmu adalah kendaraan bagi baathin untuk sampai ke sisi-Nya, melalui Sifat Rasa Rasulullah. Tidak ada manusia yang bisa langsung ma’rifat kepada Allah Ta’ala, kecuali Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassalam melihat langsung dan berdialog dengan Allah Ta’ala.


Sifat Nur Ilmu ini akan menerangi qolbu, baathin, hati dan ruh, Sirr nya berperan menyingkap tabir hakikat dan mengenal akan Allah Ta’ala. Hakikat akan diketahui apabila seseorang giat mendalami pengetahuan tentang hakikat melalui proses pengamalan, khalwat atau tirakat, muqarobah, mandi, sholat, wirid melalui bimbingan 

Guru Mursyid > Allah, Ilmu Ma’sum > Ilmu Syafa'at yang bisa memisahkan unsur Sifat Malaikat [NURR] dan unsur Sifat Jinn [API] di dalam darah, seorang guru wajib menguasai 12 pan Ilmu, jika ilmunya tidak ma’sum, maka dikhawatirkan bangsa mahluk halus akan ikut-ikutan nyusup/masuk ke dalam pengamalan, sehingga seseorang itu tidak merasa bahwa di dalam dirinya sudah di tempati oleh Jinn, merasa berilmu padahal Jinn yang mengendalikan. 


Sifat Nur Ilmu adalah cahaya yang menerangi hati dan mengeluarkannya dari kegelapan serta membawanya untuk menyaksikan sesuatu dalam keadaannya yang asli. Apabila cahaya atau latifah di diri sudah membuka tirai dan cahaya terang telah bersinar, maka mata baathin dapat memandang kebenaran dan keaslian yang selama ini disembunyikan oleh alam nyata. Semakin terang cahaya Illahi yang diterima oleh hati akan menambah jelas kebenaran yang dapat dilihatnya. Pengetahuan yang diperoleh melalui pandangan mata baathin yang bersumber dari Cahaya Awwal/Jauhar Awwal Rasulullah/Ruh Ilmu Rasulullah inilah yang dinamakan Ilmu Ladunni/Ilmu Sifat/Ilmu Syafa'at/Ilmu Shalat.



TINGKATAN MA'RIFAT :
1. Ma'rifat Sejati
2. Ma'rifat Suyudi
3. Ma'rifat Nur Imthinah [Baathin Rasulullah] 



Nabi = Ilmu
Rasul = Shalat
Rasulullah = Ruh Ilmu
Muhammad = Af’al [pekerjaan] 
RUH SHALAT = RASULULLAH



HAKIKAT KEHIDUPAN : 
1. Sebelum Shalat
2. Di dalam Shalat
3. Di luar Shalat 



SHALAT adalah KEPALA AMAL 
HAKIKAT 17 RAKA'AT : 4 x 4 = 16
17 = Diri Manusia = Ghoib
[ada tapi tidak ada, tidak ada tapi ada] 



1. DZAT
2. SIFAT
3. ASMA
4. AF'AL


1. Nur Darah Merah
2. Nur Darah Kuning
3. Nur Darah Putih
4. Nur Darah Hitam


1. Nafsu Amarah
2. Nafsu Sufiah
3. Nafsu Lawammah
4. Nafsu Muthmainah = Rahmat



1. Al-Qur’anul MAJID
2. Al-Qur’anul KARIM
3. Al-Qur’anul HAKIM
4. Al-Qur’anul ADHIM





1. RASUL PERTAMA :

NABI ADAM ‘ALAIHISSALAM. 
Pertama kali Allah membuat utusan yaitu Nabi Adam ‘alaihissalam, syahadatnya ;

“ASHHADU ANLAILAAHA ILLALLAHU WA ASHHADU ANNA ADAM KHALIFATULLAHI “
“ Kamu Adam di kehendaki oleh Kami, menjadi utusan, tetapi kamu sekarang jangan mau ma’rifat kepada Kami, cukup mengetahui saja dulu, sebab wujud kamu adalah kenyataan adanya Kami “. Dalilnya ; “ Wallahu baathinul insan, Al insanu dohirullah “, tapi wujud kamu pribadi sekarang harus Shalat yaitu dua raka’at, waktu subuh keluarnya fajar, sebabnya harus shalat karena kamu harus menerima punya NYAWA, keduanya punya WUJUD, itulah asalnya ma’na adanya Shalat Subhi. 


2. RASUL KEDUA : 
NABI NUH ‘ALAIHISSALAM, syahadatnya ;

“ASHHADU ANLAILAAHA ILLALLAHU WA ASHHADU ANNA NUH HABIBULLAH “. 
“ Hai… Kamu Nuh dikehendaki oleh Kami jadi utusan, tetapi kamu sekarang jangan ingin ma’rifat kepada Kami, ketahui dulu PENDENGARAN kamu yaitu pendengaran AKU”. 
Dalilnya ; Sama-Sami’an, dan “ Sekarang kamu harus Shalat waktu Duhur, banyaknya 4 raka’at, harus menerima punya DUA TELINGA dan DUA KAKI “, makanya manusia wajib Shalat karena menerima punya dua telinga dan dua kaki. 


3. RASUL KETIGA : 
NABI IBRAHIM ‘ALAIHISSALAM, syahadatnya ;

“ASHHADU ANLAILAAHA ILLALLAHU WA ASHHADU ANNA IBRAHIM KHALILULLAHU “. 
“ Hai… kamu Ibrahim,sekarang sudah jadi utusan, tapi kamu jangan ingin ma’rifat kepada AKU, ketahui dulu PENGLIHATAN kamu yaitu penglihatan AKU”. Dalilnya ; “ Basar dan Basiran”, sekarang kamu harus segera sujud, harus Shalat 4 raka’at Asyar waktunya pasti, sebab kamu mempunyai DUA MATA dan DUA TANGAN “ begitulah asalnya mengapa ada Shalat Asyar. 


4. RASUL KEEMPAT : 
NABI MUSA ‘ALAIHISSALAM, syahadatnya ;

“ASHHADU ANLAILAAHA ILLALLAHU WA ASHHADU ANNA MUSA KALAMULLAH “. 
“ Hai…kamu Musa utusan AKU pribadi, tapi jangan ingin tahu kepada Dzat Sifat AKU, ketahui dulu PERKATAAN kamu, yaitu sudah pasti PERKATAAN AKU “. Dalilnya ; “ Kalam Mutakalliman “ Shalatlah 3 raka’at waktu magrib, sebab kamu sudah pasti punya BIBIR, kedua mempunyai PERKATAAN / LISAN dan ketiga mempunyai HATI


5. RASUL KELIMA :
NABI ISA ‘ALAIHISSALAM, syahadatnya ; 

“ASHHADU ANLAILAAHA ILLALLAHU WA ASHHADU ANNA ISSA RUHULLAHI “. 
” Kamu Isa sudah menjadi utusan Kami, tapi kamu tidak harus tahu kepada Dzat AKU, ketahui dulu nafas / PENCIUMAN kamu pribadi, sebab nafas kamu itu adalah kenyataan hidup AKU ” , sekarang kamu harus Shalat pada waktu Isya 4 raka’at karena di diri kamu adalah kenyataan DUA LUBANG HIDUNG bukti adanya NAFAS, yang ke empatnya ada DARAH sudah bukti, sebab jika darah tidak ada, nafas juga tidak ada, makanya sekarang harus Shalat di waktu Isya, sebab asalnya dari Nabi. 


6. RASUL KEENAM :
NABI MUHAMMAD SHALALLAHU ‘ALAIHI WASSALAM. 
Syahadatnya ; 

“ASHHADU ANLAILAAHA ILLALLAHU WA ASHHADU ANNA MUHAMMADUR RASULULLAH “. 
Hai… Muhammad kamu adalah utusan Kami, sekarang kamu harus ma’rifat kepada AKU, sebab kamu yang paling dekat dengan AKU. Dalil Qur’an ; 


“ Al INSANU SIRI WA ANA SIRUHU “


artinya “ Kamu Muhammad adalah RASA AKU “, sudah tentu karena pangkatnya tidak salah yaitu Muhammad Rasulullahi, ini AKU memberimu buraq untuk nanti menghadap ke hadirat AKU “ dan akan turun kepada anak cucu, terus kepada para Wali semua sampai kepada hari Kiamat, juga Muslimin dan para Auliya yang mendapatkan pertolongan Allah 


Begitulah sejarahnya, tapi heran bangsa Islam suka mungkir, keukeuh katanya tidak akan tersusul, Allah sudah berjanji kepada Baginda Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wassalam, sudah bersabda terus sampai hari Kiamat akan turun buraq – buraq tadi, tentu saja tidak akan ketemu, jika kita diam di Tharekat puji tidak menyusul kepada Tharekat Ilmu, tidak memakai Ijma Qiyas, tegasnya hukum akal tidak di susul, tanpa akal tidak akan terjadi. 



Hakikatnya Adam nyatanya adegan WUJUD pribadi 
Hakikatnya Nuh nyatanya PENDENGARAN 
Hakikatnya Ibrahim nyatanya PENGLIHATAN 
Hakikatnya Musa nyatanya PERKATAAN 
Hakikatnya Isa nyatanya PENCIUMAN, SIFAT NAFAS sudah pasti. 



Muhammad adalah RASA JASAD dan pantas Muhammad di sebut di tiap Hadist, Penghulunya, “ Kamu adalah utusan Kami, sekarang kamu harus ma’rifat kepada AKU, sebab kamu yang paling dekat ”. Jika tidak punya RASA, wujud akan berbaring tidak bisa bergerak dan berbalik, hakikatnya semua para Rasul, sudah bergulung pada jasad, tidak kekurangan lagi. 



“ TIDAK ADA SEORANGPUN YANG BISA MA’RIFAT DZAT KECUALI NABI MUHAMMAD RASULULLAH SHALALLAHU ‘ALAIHI WASSALAM “.



Jika ada seseorang yang mengaku sudah TAUHID DZAT -  MA’RIFAT DZAT, maka dia menjadi MURTAD tidak salah lagi, orang seperti ini jangan di dekati, bisa menjadi menular dan terkena murtad, sudah banyak yang seperti ini, yang berceritapun orang yang ngajinya sudah puluhan tahun. Jika ngaji Hadist dan Dalil, harus di barengi ngaji QIYAS, IJMA harus di susul, agar jangan keliru AKALnya di pakai. 



Kata Hadist “ Tidak ada seorangpun yang bisa ma’rifat kepada Dzat Maha Agung “, tentu saja, sebab yang namanya orang sudah pasti melihatnya menggunakan mata kepala, jika begitu benar sekali, MUTAJILAH tidak salah lagi, sebab menjirimkan sudah pasti, menjirimkan Allah, ada kita juga berbarengan ada itu, jadi ada HIDUP dua. 



Hadist tidak salah yaitu perkataan para Rasul dan para Nabi, yang salah sudah pasti yang ngajinya, ma’na kitab tidak dipikirkan lagi. Ma’na kitab Qur’an, ada dua yang sudah di tulis di “ Lam yakunil Syahrul bariyyah, Khairul bariyyah “, ma’na yang kasar dan ada ma’na yang halus, kasar untuk Neraka, yang halus untuk bagian Surga, kata Qur’an adalah begitu, apakah akan tidak percaya kepada dalil Qur’an yang sudah pasti, dalil tidak boleh di rubah, ma’na pun begitu juga, hanya saja wajib dengan Ilmunya, ma’na dalil di mengerti keluar dan ke dalamnya, hukum Qiyas di jalankan, sebab untuk menyempurnakan maksud tidak ada jalan lagi harus memakai akal, Ilmu Lahir dan Ilmu Baathin. 



Katanya tadi di Hadist di sebut, “ Tidak ada yang bisa ma’rifat kepada Allah kecuali Baginda Nabi Muhammad Rasul “, benar sekali, tapi jangan menetapkan saja ke situ. Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam Mekah itu adalah yang menjadi bibit, bibitnya yang ma’rifat, tapi carilah hakikat Nabi yang ada di wujud ; 



RASULULLAH ITU TIDAK PUPUS SEBAB JIKA PUPUS DUNIA INI PASTI LEBUR



yang pupus adalah majajinya, hakikatnya tidak mati. Carilah RASA Rasulullah tegasnya RASA Allah di sekujur wujud, jika sudah ketemu, tentu saja ma’rifat, kepada Dzat Maha Agung karena itulah yang ma’rifat. Orang berilmu mengenal Allah harus melalui SIFAT RASA RASULULLAH [Jauhar Awwal] = TAUHID SIFAT - MA'RIFAT SIFAT.

Al-insan al-kamil adalah manusia yang telah memiliki dalam dirinya SIFAT NUR ILMU RASULULLAH nyatanya yaitu RASA dan awasnya BAATHIN. 


“ BARANG SIAPA MENGENAL DIRINYA, MAKA DIA AKAN MENGENAL TUHANNYA “ 



Wujud orang tidak akan bisa melihat,tetap saja paling bodoh, tidak punya daya dan upaya pasti, hanya RASA Maha Agung yang tetap tahu, yang MELIHAT TIDAK MEMAKAI MATA, BERKATA TIDAK MEMAKAI BIBIR, MENDENGAR TIDAK MEMAKAI TELINGA.



Yang ghaib di wujud kita harus ketemu supaya bisa pulang, pulang kepada RASA AKHIRAT dahulu yaitu RASA Allah, sebab jika tidak ketemu sekarang tentu tidak akan bisa pulang kepada rasa yang tadi, akan tetap di RASA DUNIA / IMAN DUNIA, balik lagi ke Dunia menjadi gentayangan menjadi arwah (Sifat Nyawa), terkurung oleh Alam Dunia, tegasnya belum keluar, masih tetap di “pembuangan”, buktinya banyak siluman, jinn, dedemit. 




RUKUN SHALAT :
1. Rukun Qalbi adalah rukun yang bersumber pada hati 
2. Rukun Fi’li adalah rukun yang bersumber pada perbuatan/tindakan dari anggota badan 
3. Rukun Qauli adalah rukun yang bersumber pada ucapan/bacaan/pekerjaan




PUJI HADIST ‘ALAL HADIST

Puji baru kepada yang baru, ibaratnya kita memuji kepada wujud orang lain, sama pada - pada baru, jika memuji kepada orang bukanlah bab Ilmu karena tidak akan menjadi manfa’at, memuji itu harus kepada Allah, orang tidak wenang untuk di puji, jangan menyamai Maha Agung, di syahadatpun Allah hanya satu yang wajib di ibadahi, dalil adalah aturan Ilmu sudah pasti, bukan untuk memuji kepada makhluk tapi tetap untuk Allah dari makhluknya, kalau memuji ke sesama orang itu adalah aturan lain hanya untuk di Dhohir 


Puji baru kepada yang baru adalah pada waktu baca kitab dan Qur’an, pada - pada baru pasti. Huruf Qur’an tentu saja baru hasil pekerjaan Nabi, yang Qadim adalah perkataannya, hurufnya baru adalah pasti, ketika kita yang bacanya, suaranya baru, suara baru ada adalah sesudah kita ke Alam Dunia, ketika di Alam Rahim tidak ada suara. 



PUJI HADIST ‘ALAL QADIM.
Puji Hadist ‘alal Qadim, yang baru memuji kepada yang Qadim, yang baru adalah wujud, berdiri, ruku, sujud, duduk, attahiyat, sama baru yang Qadimnya ialah Nur Muhammad asal tadi cahaya yang empat rupa. 



PUJI QADIM ‘ALAL QADIM.
Qadim memuji yang Qadim adalah ketika Shalat sejati, sudah pasti di situ pada Qodim yang memuji dan dipujinya buktinya tidak memakai bibir, pada Qodim semuanya. 



PUJI QADIM ‘ALAL HADIST. 
Qadim memuji kepada yang baru, jika ibadahnya dibarengi dengan ma’rifatnya kepada Dzat Maha Suci. Ibadah dengan Ilmu inilah yang dipuji, sudah sah Dzat, sah Sifat, sah Asma dan sah Af’al, berada dalam kesadaran, apalagi ibadahnya, berbalik dan bergerak sudah pasti menjadi puji semuanya, sebab sudah tetap dalam keadaan sadar, tidak mengakui gerak sendiri, semua hanya karena kehendak Allah. 



NABI MUHAMMAD AWWAL dan AKHIR.

Ruh Ilmu Rasulullah adalah bibit tujuh bumi tujuh langit, sesudah ada Nabi Adam dan Siti Hawa yaitu bibit yang mengeluarkan umat manusia, tetap saja Nabi Muhammad Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam yang menjadi awwal dan akhirnya, ketika Adam dan Hawa mau punya anak, tentunya dua rasa bertemu, RASA hakikatnya adalah RASULULLAH, jika tidak ada rasa tidak akan keluar mani, dua-duanya juga luput, mani adalah hakikat Adam, Adam dari cahaya Ruh Ilmu Rasulullah, yaitu cahaya RASA, mani tadi menjadi rupa :


KEPALA menjadi MIM 
DADA menjadi HA 
PUSAR menjadi MIM 
KAKI menjadi DAL 



Menjadi lafadz Muhammad, akhirnya rasa yang tadi menjadi rupa manusia disebut Muhammad Awwal dan Akhir. Nabi penutup maksudnya adalah penutup ilmu, yg empat dilakukan yaitu Syariat dan Hakikat. Tharekatnya di jalani, jalan Ma’rifat kepada Allah, sampai kepada Yang Maha Suci, menjadi pangkatnya Nabi Muhammad Rasulullah, karena sudah ma’rifat kepada Allah. 
Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam sebagai Nabi penutup yang berada di Madinah [Jasad]
Muhammad majaji-nya sudah pasti yaitu syariatnya yang ma'rifat, Muhammad hakiki-nya adalah Wujud Sifat Nur Ilmu Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam yang hidup kekal abadi.



HAKIKAT ILMU ADALAH IMAN, suatu anugrah dari Allah Ta'ala kepada manusia yang paling mulia Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wassalam, manusia yang tidak mempunyai bayangannya sendiri, manusia yang tidak pernah menguap, manusia yang lahir dalam keadaan sudah di sunat, setiap langkahnya di rindukan oleh bumi, di berinya Ilmu dan keimanan yang sempurna [Ruh Ilmu Rasulullah] dipersiapkan jasad dan jiwanya untuk menerima mu'jizat terbesar yaitu Al-Qur’an dan sebagai Nabi penutup akhir jaman [Jasad]
Rahmatan lil Alamin…
Rahmat bagi seluruh alam...
Di utus untuk membersihkan akhlaq baathin manusia dari berhala...


Bergelar Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam. Sifatnya ; Siddiq, Amanah, Fathanah dan Tabligh. 
Sebagai pembawa risalah/Nubuwwah yang ma’sum jasad dan jiwanya, suci dan bersih dari Idajil, Iblis, Setan dan Jinn, isinya adalah 10 Malaikat dan Rahmat. Semua 25 Nabi dan Rasul bertindak bukan berdasarkan HAWA NAFSU, tapi berdasarkan risalah NUBUWWAH kenabian, yang isinya adalah RUH ILMU RASULULLAH.


Orang yang taat kepada perintah-Nya senantiasa kuat melakukan ibadah dan meningkatlah kekuatan ruhaninya. Dia akan kuat untuk menyerahkan semua urusan kehidupannya kepada Allah saja. Dia tidak lagi takut apapun yang menimpanya. Dia tidak lagi tergantung kepada sesama makhluk. Hatinya teguh dan ikhlas dengan semua ketentuan-Nya.



Bahaya dan bencana sehebat apapun tidak lagi menggugat imannya dan keni’matan duniawi tidak lagi menggelincirkannya. Baginya suka dan duka, bencana dan keberuntungan sama saja, karena ini takdir yang sudah ditentukan Allah untuknya, dan takdir-Nya kepadanya pasti yang terbaik. 



Orang yang seperti ini sentiasa di dalam penjagaan Allah, karena dia telah menyerahkan dirinya kepada Allah dan Rasulullah. Allah menganugerahi orang ini dengan kemampuan untuk melihat dengan mata hati dan bertindak melalui Petunjuk Ladunni (Ilham), tidak lagi melalui pikiran, kehendak diri sendiri atau angan-angan. Pandangan mata hati kepada hal ketuhanan memberi kesan kuat kepada hatinya (qalbunya). Dia mengalami suasana yang menyebabkan dia menafikan perwujudan dirinya dan diisbatkannya kepada Wujud Allah Ta’ala.



Suasana ini timbul akibat hakikat ketuhanan yang dialami oleh hati.. Dia merasakan benar-benar akan keesaan dan kuasa-Nya Allah, bukan sekadar mempercayainya. Hakikat sesungguhnya hanya bisa di alami dengan mata baathin. Mata baathin melihat atau menyaksikan keesaan Tuhan dan hati merasakan akan keadaan keesaan itu. Mata baathinnya melihat kepada Wujud-Nya, tidak lagi melihat kepada wujud dirinya. Orang yang di dalam suasana seperti ini telah transenden dari sifat-sifat kemanusiaan. Orang yang mencapai tingkat ini dikatakan telah mencapai maqam Ma’rifat Sejati, Ruh Iman. Hatinya jelas merasakan bahwa tidak ada yang berkuasa melainkan DIA dan segala sesuatu datangnya dari Allah.



Yang perlu digarisbawahi, bahwa perjalanan spiritual manusia akan melalui beberapa tingkatan dalam proses mengenal Tuhan. Pada tahap pertama terbuka mata baathin dan cahaya Qalbu memancar menerangi akalnya. Seorang yang akalnya diterangi cahaya Qalbu akan melihat betapa dekatnya TUHAN. Dia melihat dengan ilmunya dan mendapat keyakinan yang dinamakan Ilmul Yaqin.



Pada tahap keduanya mata baathin yang telah terbuka. Seseorang tidak lagi melihat dengan mata ilmu tetapi melihat dengan mata baathin dan mata baathin memandang itu dinamakan Kasyaf. Kasyaf melahirkan pengenalan atau ma'rifat. Seseorang yang berada di dalam maqam ma'rifat dan mendapat keyakinan melalui kasyaf dikatakan memperoleh keyakinan yang dinamakan Ainul Yaqin. Pada tahap Ainul Yaqin seseorang telah menceburkan diri di wilayah keghaiban segala sesuatu termasuk dirinya sendiri. 



Shalat itu suci, Ruh shalat suci, Al-Qur’an suci, Ruh samawi itu suci, sehingga di perlukan persiapan kebersihan untuk masuk arena shalat, segala beban dan permasalahan duniawi sudah harus ditinggalkan, yang ada hanyalah pasrah, pasrah dalam arti manusia tidak memiliki apapun, ibaratnya, jika sebentar lagi akan di cabut nyawa, sudah tidak ada lagi yang dicintainya karena Rasa Dunia sudah terganti dengan Rasa Akhirat, Iman Dunia sudah terganti dengan Iman Akhirat...


"ALASTUBIRAFBIKUM QOLU BALA SYAHIDENA" 

" Bukankah aku ini Tuhanmu ? Betul engkau Tuhan kami,kami menjadi saksi "


“Aku berlindung dengan ridha-Mu dari amarah-Mu, dan aku berlindung dengan ampunan-Mu dari murka-Mu, dan aku berlindung kepada-Mu dari-Mu”. 


SIFAT 20 DI BAGI 4

Dzat Allah merupakan perwujudan dari adanya Allah.
Dzat Allah Subhana Wa Ta'ala memiliki sifat-sifat yaitu sifat yang wajib, sifat yang mustahil bagi Allah, dan sifat yang ada pada Dzat Allah.  



1. NAFSIAH - SIFATNYA PENCIUMAN / NAFAS



Nafsiah satu pasti, hal bagiannya.



1. WUJUD = “Sesungguhnya Rabb kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintahkan hanyalah hak Allah. Maha suci Allah, Rabb semesta alam.“ [QS. Al-A’raf: 54]


Wujud artinya ada, bukti adanya nafas, ada nafas tentu saja ada hidup, setiap ada hidup sudah pasti, ada Allah, sebab sifatnya hidup dari Dzat-Nya Sifat-Nya Allah Ta’ala
Keimanan seseorang akan membuatnya dapat berpikir dengan akal sehat bahwa jagat kabir dan jagat shagir ada, karena adanya Allah yang menciptakannya.





2. SALBIAH - SIFATNYA PENGLIHATAN/ MATA


Awasnya mata adalah yang pertama sebab itulah yang membuktikan Sifat Salbiah di mata, ada lima perkara, barangnya yang bukti: 

1. Warna putih dari mata
2. Warna hitam dari mata
3. Warna kuning dari mata
4. Warna merah dari mata
5. Beningnya mata 
lima barang jadi bersatu, kehendak Allah Ta’ala, setiap bagiannya sudah pasti ada rahasianya.





2. QIDAM = “Dialah yang Awal dan yang Akhir, yang Zhahir dan yang Baathin; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu. “ [QS. Al-Hadid: 3]



Qidam berarti dahulu atau awwal. Sifat Allah ini menandakan bahwa Allah Subhanahu wa ta'ala sebagai Pencipta lebih dulu ada daripada semesta alam dan isinya yang Ia ciptakan.

 Qidam artinya permulaan, Syariatnya nyata di jasad manusia, sifatnya mata, awasnya mata paling pertama, karena penglihatan membuktikan sifat, sewaktu manusia masih ghoib, sebelum mengembara ke Alam Dunia. Ibu dan Bapak masih perawan dan bujang, setelah bertemu pandang, hati keduanya menjadi jodoh, setelah menikah “dua rasa menjadi satu” , lahirlah seorang anak, jadi asal mulanya adalah dari mata.

3. BAQA = “Semua yang ada di bumi itu akan binasa. Dan tetap kekal Wajah Rabb-mu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan. “ [QS. Ar-Rahman: 26-27]



Sifat Allah Baqa’ yaitu kekal. Manusia, hewan ,tumbuhan, dan makhluk lainnya selain Allah akan mati dan hancur. Manusia akan kembali kepada-Nya dan itu pasti. Hanya Allah lah yang kekal. Baqa, artinya adalah langgeng atau kekal, langgeng Dzat Allah/ Nurullah, hidup itu kepunyaan Allah ta’ala.




4. MUKHOLAFATU LIL HAWADIST = “Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat. “ [QS. Asy-Syura: 11]


Sifat Allah ini artinya adalah Allah berbeda dengan ciptaan-Nya, Mukhalafatuhu Lilhawadist yaitu, Allah sangat berbeda dengan yang baru , tidak akan ada yang menyamai Allah dengan yang baru. Allah melihat tidak dengan mata, mendengar tidak dengan telinga, berucap tidak menggunakan bibir.  



5. QIYAMUHU BINAFSIHI = “Allah, tidak ada Ilah [yang berhak disembah] melainkan Dia. Yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya. “ [QS. Ali-Imran: 2]



Qiyamuhu Binafsihi artinya Allah berdiri sendiri, manusia juga tidak merasa, jasad manusia di buat oleh Ibu dan Bapak, walaupun “bertemu” seorang Bapak dan Ibu, sama sekali tidak punya niat untuk sengaja membuat anak, syariatnya dari Ibu, hakikatnya adalah kehendak Yang Maha Agung, yaitu wenangnya [sifat Jaiz] Allah Ta’ala, sangat wenang sekali Allah untuk menjadikan wenang dan tidaknya, tetapi kematian adalah suatu hal yang wajib. 

6. WAHDANIYAH = “Sekiranya ada di langit dan di bumi ilah-ilah selain Allah, tentulah keduanya itu sudah rusak binasa. Maka Maha Suci Allah yang mempunyai Arsy daripada apa yang mereka sifatkan. “ [QS. Al-Anbiya: 22]



Wahdaniah adalah sah Dzat, sah Sifat, sah Asma dan Af’alnya. Wahdaniat menetap di yang empat, di bibir, mata, telinga, hidung, jika di hidung, Dzatnya yaitu penciuman, sahnya adalah pasti, jika yang di cium minyak wangi, tetap wanginya yang di akui, tidak akan tertukar. Dua sah Sifatnya apa yang di cium pasti, ketiga sah Asmanya, baunya, nama wanginya, tidak akan tertukar namanya, bau bangkai dan bau minyak wangi. Keempat sah Af’alnya , sah pekerjaannya, penciuman adalah nyata, tidak mau tertukar, yang bau tetap dengan baunya, yang wangi tetap dengan wanginya. Walaupun di mata sah Dzat itu, awasnya pasti, sah Sifatnya juga nyata, apapun yang dilihat, hitam, merah dan ungu, hanya sifat yang bukti, sah Asmanya dan Sifatnya juga pasti. 

7. QUDRAT = “Sesungguhnya Allah berkuasa atas segala sesuatu. “ [QS. Al-Baqarah: 20]


Qudrat yaitu kuasa, tetapi kuasanya Allah, tidak memakai perkakas dan perabotan, jika punya maksud seperti mau membangun rumah, sebelum dikerjakan tentu di pikir dulu, gimana kemauan hati, rupa rumah yang akan di bangun, diatur-atur dan dicipta-cipta oleh hati dan pikir, agar rumah yang akan di buat menjadi bagus, pasti selaras dengan hati, sudah tercipta, dan nyatanya jadilah sebuah rumah yang sudah dibangun di dalam hati, rumah yang di buat tanpa memakai perkakas dan perabotan, kuasanya Allah, keterangan Qudrat yang sudah tidak bisa di rubah.





3. MA’ANI - SIFATNYA PENDENGARAN / TELINGA




 Ma’ani, nyata di telinga, tujuh bagiannya: lekuknya telinga tujuh, ke tujuh dengan liangnya, tidak ada yang mubazir, ada lekuk pasti ada sebabnya.

 8. IRADAT = “Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang Dia kehendaki.” 
[QS. Hud: 107]


Iradat adalah Allah sifatnya berkehendak, bukti yang tadi, rumah sudah terlihat, ada di dalam hati, sekarang di jadikan kehendak, ingin membangun rumah, hakekatnya sudah terjadi, tinggal syariatnya, membuktikan Iradat. Iradat berarti berkehendak. Manusia hanya dapat berusaha dan berdo’a, namun hanya Allah yang menentukan. Kehendak Allah ini juga atas kemauan Allah tanpa ada campur tangan dari manusia atau makhluk lainnya. jadi iman siang dan malam, mengartikan Qudrat dan Iradat Allah.


9. ILMU = “Katakanlah [kepada mereka]: Apakah kamu akan memberitahukan kepada Allah tentang agamamu [keyakinanmu], padahal Allah mengetahui apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” [QS. Al-Hujurât: 16]


Ilmu adalah asalnya dari pengetahuan, dan Hayat adalah terang, pasti bersatu, sebab pengetahuan itu pasti tempatnya terang, Jasad dan Baathin tidak berbeda, jasad di dunia, bagaimana bisa melihat jika tidak ada terang, Baathin juga harus jelas, ‘ainal yakin sampai kepada terangnya, bukan terangnya siang, tapi terangnya Sifat Nur Ilmu Rasulullah di Qolbu, keyakinan tanpa ilmu, bagaikan daun yang jatuh dari pohon, terbang mengikuti angin, tidak mempunyai pijakan yang kokoh.



10. HAYAT = “Allah tidak ada Ilah [yang berhak disembah] melainkan Dia yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus [makhluk-Nya]; tidak mengantuk dan tidak tidur.” [QS. Al-Baqarah: 255]



Sifat Allah Hayat atau Hidup. Namun hidupnya Allah tidak seperti manusia, karena Allah yang menghidupkan manusia. Manusia bisa mati, Allah tidak mati, Ia akan hidup terus selama-lamanya.



11. SAMMA’ = “Dan Allah-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. “ [QS. Al-Maidah: 76]



Allah mendengar, tapi tidak memakai telinga


12. BASHAR = “Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang ghaib di langit dan di bumi. Dan Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. “ [QS. Al-Hujurat: 18]


Bashar Allah melihat tanpa menggunakan mata



13. KALAM = “Dan Allah telah berbicara kepada Musa dengan langsung. “ [QS. An-Nisa: 164]

Kalam Allah berbicara tapi tidak menggunakan bibir.





4. MA’NAWIYAH - SIFATNYA PERKATAAN, memaknai PENCIUMAN, PENGLIHATAN, dan PENDENGARAN

Ma’nawiyah, tujuh pasti, bagiannya bergulung sifat dua puluh tadi, bergulung ke yang empat : 

1. Bibir bawah 
2. Bibir atas 
3. Gusi atas
4. Gusi bawah
5. Langit bawah
6. Langit atas
7. Lidah 
Gigi datang setelah manusia lahir ke Alam Dunia



14. QODIRUN [Dzat Yang Maha Berkuasa] = “Sesungguhnya Allah berkuasa atas segala sesuatu. “ 

[QS. Al Baqarah: 20]


Sifat Allah ini berarti Allah adalah Dzat yang Maha Berkuasa. Allah tidak lemah, Ia berkuasa penuh atas seluruh makhluk dan ciptaan-Nya
15. MURIDUN [Dzat Yang Maha Berkehendak] = “Sesungguhnya Tuhanmu Maha Melaksanakan apa yang Dia kehendaki. “ [QS.Hud: 107]



Allah memiliki sifat Muridun, yaitu sebagai Dzat Yang Maha Berkehendak
16. ALIMUN [Dzat Yang Maha Mengetahui] = “Dan Alllah Maha Mengetahui sesuatu. “ 

[QS. An Nisa’: 176]


Sifat Allah ‘Alimun, yaitu Dzat Yang Maha Mengetahui. Allah mengetahui segala hal yang telah terjadi maupun yang belum terjadi. Allah pun dapat mengetahui isi hati dan pikiran manusia.

17. HAYYUN [Dzat Yang Maha Hidup] = “Dan bertakwalah kepada Allah yang hidup kekal dan yang tidak mati. “ 

[QS. Al Furqon: 58].



Allah adalah Dzat Yang Hidup. Allah tidak akan pernah mati, tidak akan pernah tidur ataupun lengah.



18. SAMI’UN [Dzat Yang Maha Mendengar] “Dan kepunyaan Allah-lah segala yang ada pada malam dan siang. Dan Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. “ 
[QS. Al Baqarah: 256].

Allah mendengar, tapi tidak memakai telinga


19. BASIRUN [Dzat Yang Maha Melihat] = “Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. “ 

[QS. Al Hujurat: 18]


Allah melihat tanpa menggunakan mata


20. MUTAKALLIMUN [Dzat Yang Maha Berbicara] = Allah berkata melalui ayat-ayat Al Quran. Sifat yang dimiliki oleh Allah merupakan Dzat Suci, tidak bisa dibandingkan dengan manusia

Sifat yang dimiliki oleh Allah adalah merupakan bukti adanya Dzat/Nurullah, bukti sifat-Nya di diri manusia adalah, manusia melihat, maka sifat Allah adalah Maha Melihat. Manusia mendengar, maka sifat Allah adalah Maha Mendengar. Manusia berkata-kata, maka sifat Allah Maha Berkata-kata. Manusia mempunyai daya, maka sifat Allah adalah Maha Berkuasa. Manusia hidup, maka sifat Allah adalah Maha Hidup, namun sifat Allah lebih segalanya dan tidak bisa di bandingkan dengan manusia. 




KENYATAAN MAHA AGUNG, MAHA TINGGI, MAHA MULIA, MAHA SUCI DI DIRI MANUSIA : 



 MAHA AGUNG
Nyatanya di diri manusia adalah PERKATAAN, tujuh bumi dan tujuh langit, yang begitu besar, kebesaran alam semesta (Jagat Kabir) dan wujud manusia (Jagat Shagir) yang diucapkan oleh semua manusia, sebagian menyebutnya dengan Asma Allah, dilisankan oleh perkataan, itulah tanda ke Agungan-Nya. 



MAHA TINGGI 
Nyatanya, di diri manusia adalah PENGLIHATAN, itu adalah yang paling tinggi, buktinya langit yang tinggi tanpa tiang, bisa di kejar oleh mata, tidak ada yang menghalangi, di atas langitpun pasti terjangkau oleh awasnya mata, pasti bisa disusul ketinggiannya 



MAHA MULIA
Nyatanya di diri manusia adalah PENDENGARAN, mulianya adalah karena mendengar, tidak pernah sakit, yang ada adalah sakit kuping/telinga, mulia seterusnya. 



MAHA SUCI
Nyatanya di diri manusia adalah PENCIUMAN, nafasnya di hidung, paling suci, buktinya nafas tidak pernah kotor, biarpun tidak dicuci, nafas tetap bersih.





Syariat dan Hakikat, Tharekat Ma’rifat tidak bisa di pisah-pisah, harus bergulung menjadi satu, baik itu di Agama, apalagi di dalam Ilmu, sebab manusia juga sempurna bisa ada di dunia, tiada lain oleh yang empat, yaitu perkataan, penciuman, penglihatan, pendengaran, jadi jika kurang satu, tidak akan sempurna manusia hidup, apalagi jika kurang dua atau tiga. 


Sifat dua puluh adalah jalan untuk tahu kepada Al-Qur’an, Agama samawi, jalan manusia ibadah kepada Allah, untuk mengamankan dunia, agar manusia di alam dhohir, hidupnya bisa rukun dengan sesama, maka jadilah ada Agama, berkat Rahman Rahim-Nya Yang Maha Agung, memuliakan kepada manusia, dari dunia sampai baathin, diunggulkan dari sesama mahluknya. Huruf yang dua puluh, pasti cukup, tidak akan kurang, malah tujuh belas, hakikatnya dengan segitu juga cukup, semua juga tahu, tiga puluh huruf pasti, itu adalah rangkapnya, bibitnya dari dua puluh. 



Shalat, sehari semalam tujuh belas raka’at, tidak kurang dan tidak lebih, malah rukunnya juga tujuh belas di dalam ibadah, oleh tujuh belas juga cukup, tharekatnya nyusul yang tiga sifat. disusul oleh tharekat tujuh belas raka’at, adalah satu Dzatnya Allah, Sifatnya, Asmanya Allah Ta’ala. 



Asmanya yang satu cukup kepada tujuh bumi, tujuh langit semuanya, itulah yang harus di susul, makanya Al-Qur’an hurufnya hakekatnya tujuh belas, yaitu nyusul yang tadi, Dzat, Sifat, Asma Allah ta’ala, kenyataan huruf yang tiga, yang tidak ada di Qur’an, yaitu huruf Ca yang pertama, ke dua huruf Nya dan huruf Nga yang ke tiga, itulah yang tidak ada di Qur’an tidak di tulis, itulah hakekat Dzat - Sifat - Asma Allah atau Allah - Muhammad - Adam itulah yang di cari, di susul oleh yang tadi yaitu tharekat Agama, yaitu pada waktu yang lima sehari semalam, raka’atnya yang tujuh belas.


100 - 1 = 99 Nama Allah, yang 1-nya adalah ;
DZAT WAJIBUL WUJUD, Dzat yang wajib adanya.
Sifat 20 adalah merupakan rangkuman dari sifat-sifat Allah yang lain, yang ada di dalam Al-Qur'an



“BARANG SIAPA MENGENAL DIRINYA, MAKA IA AKAN MENGENAL TUHAN-NYA”




Tidak ada komentar :

Posting Komentar